Penunggak Pajak Rp700 Juta, Pengusaha di Riau Ditangkap 

Senin, 10 Desember 2018 | 21:04:55 WIB

Metroterkini.com - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau menahan pengusaha penunggak pajak inisial ZU. Pengusaha ini diduga menggelapkan nilai pajak sebesar Rp 700 juta.

"Penahanan dilakukan setelah penyerahan tahap II dari penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) Direkrotar Jenderal Pajak dan penyidik Ditreskrimsus Polda Riau," kata Kepala Seksi Penuntuhan Pidsus Kejati Riau, Lexi Patarani kepada wartawan, Senin (10/12/2018).

Lexi menjelaskan, tersangka dititipkan di Rutan Sialang Bungkuk sore tadi sekitar pukul 16.00 WIB. Tersangka melakukan penggelapan pajak usahanya sejak tahun 2012 hingga 2013.

"Tersangka Direktur PT APM yang berlokasi di Kota Dumai. Perusahaan ini bergerak bidang perbaikan kendaraan serta alat. Perbaikan kendaraan alat berat ini meliputi Riau dan Sumatera Barat (Sumbar).

"Tersangka tidak membayarkan pajak penghasilan sebesar 10 persen. Terdapat laporan palsu soal PPN dan laporan SPT tidak benar," kata Lexi.

Masih menurut Lexi, sebelum kasus ini terjadi Dirjen Pajak sudah pernah mengimbau tersangka untuk ikut dalam program tax amnesty. Tetapi imbauan itu tolak sehingga nilai tunggakan pajaknya terus membengkak.

"Penggelapan pajak yang dilakukan tersangka merugikan negara Rp 700 juta," tutup Lexi. [dtk]
 

Terkini